COBA ANDA berkeliling di mall terdekat. Kira-kira ada berapa gerai bisnis waralaba yang bisa Anda temui? Bisa jadi Anda akan kesulitan menghitung dengan sepuluh jari tangan. Maklum, usaha dengan sistem waralaba memang tumbuh pesat di Indonesia, terutama oleh pengusaha lokal.

Perkembangan bisnis waralaba itu ternyata ikut membawa berkah bagi para pembuat lapak, gerobak, dan rombong (booth) waralaba. Maklum, sebagian pewaralaba tidak membuat sendiri gerobak dan booth waralaba mereka. Biasanya mereka meminta bantuan pihak ketiga yang mampu menangani order tersebut.

Gerobak dan booth yang khas sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari bisnis waralaba di Indonesia. Peminat waralaba tipe gerobak dan booth adalah pemula yang ingin menjajal usaha waralaba. Maklum, modal yang dibutuhkan waralaba tipe sederhana ini relatif lebih murah dibandingkan dengan membuka gerai sendiri atau menyewa tempat di mall. Selain tipe gerobak, waralaba booth banyak diminati karena hanya membutuhkan lahan terbatas, murah, tapi tampak mencolok.

Desain yang menarik, unik, serta dihiasi warna-warni mencolok kerap menjadi daya tarik mereka. Nah, tentu tidak sembarang orang bisa mendesain dan membuat rombong dan gerobak seperti itu. Agar tidak terlihat kuno atau norak, sebagian perusahaan waralaba memakai jasa desainer profesional yang berpengalaman.

Desain unik penjaring omzet ratusan juta

Di tengah persaingan yang semakin ketat di antara pelbagai usaha waralaba, penampilan gerobak dan booth yang keren menjadi salah satu strategi menarik konsumen. Makanya, para produsen gerobak dan rombong waralaba umumnya memiliki latar belakang pendidikan atau minat di bidang desain.

Saat ini ada beberapa pemain di bisnis pembuatan gerobak dan booth waralaba, namun jumlahnya belum banyak. Padahal, setiap bulan order pembuatan gerobak dan booth waralaba bisa mencapai ratusan juta rupiah. Itu berarti peluang bagi pemain baru untuk masuk ke bisnis ini masih terbuka lebar.

Jika Anda tertarik ingin memanfaatkan peluang itu, ada baiknya Anda belajar dari pengalaman Hangga Pramudyanto dan Wahyu Karisma yang sejak beberapa tahun lalu telah menekuni bisnis gurih ini.

CV. Handal Karya

Kini nama Hangga Pramudyanto sudah dikenal baik dikalangan pengusaha waralaba. Pada awalnya, Hangga hanya menekuni bisnis desain interior lewat perusahaannya CV Handal Karya (Haka). Usaha yang dia tekuni sejak 2005 itu khusus menawarkan jasa perancangan dan pembuatan dapur (kitchen set).

Akibat persaingan ketat, Haka tidak bisa menghasilkan pemasukan secara kontinu. Dari sana Hangga berpikir keras untuk mengembangkan bisnisnya agar bisa lebih produktif. Saat itulah terbetik gagasan di benaknya untuk merancang dan mendesain gerobak serta booth waralaba.

Ia mengaku mendapat inspirasi pembuatan gerobak waralaba dari beberapa teman yang menjadi pewaralaba. “Mereka kesulitan mencari pembuat gerobak,” kata dia. Maka, terhitung sejak 2007 ia mulai memasuki bisnis dan booth waralaba berdesain unik.

Strategi bisnis Hangga ternyata mendapat sambutan hangat. Dalam waktu yang terbilang singkat, Hangga mendapat kepercayaan dari sejumlah waralaba ternama. Kebab Turki Baba Rafi, Motor Bridal, Bakmi Gila, dan beberapa merek waralaba lain memanfaatkan jasanya. Belakangan ia juga membidik konsumen nonwaralaba. Pengusaha yang baru memulai bisnis menjadi target pasarnya.

Selama dua tahun terakhir, Haka sudah merancang sekitar 20 model gerobak, rombong, maupun tampilan restoran. Latar belakang pendidikan Hangga di bidang desain interior sangat bermanfaat menunjang bisnisnya. Terkadang, ia juga mendapat banyak masukan dari pelanggan.

Untuk membuat satu unit gerobak atau booth, Hangga mematok biaya antara Rp 4 juta sampai Rp 5 juta. Adapun untuk desain dan pembuatan interior restoran, dia membanderol tarif Rp 100 juta. “Setiap bulan, rata-rata saya mendapat omzet sampai dengan Rp 150 juta,” ujar dia. Hangga mengaku margin yang dia dapat tidak begitu besar, hanya 20% dari desain dan pembuatan gerobak serta 10% dari restoran.

Omzet bisnis Hangga terbilang lumayan untuk ukuran orang yang belum lama terjun ke usaha pembuatan gerobak dan booth waralaba. Padahal, ketika mulai menjalankan usahanya, Hangga tidak banyak mengeluarkan duit untuk modal kerja. “Saya hanya butuh dana untuk menyewa ruko,” ujar pria yang memiliki workshop di kawasan Lenteng Agung, Jakarta Selatan ini. Modal awal usahanya saat itu Rp 15 juta.

Hangga mengaku Haka sendiri sebenarnya lebih banyak mengerjakan desain. Proses pembuatan gerobak dan booth dilakukan oleh tukang yang sudah menjadi langganan dia. Adapun bahan baku, ia baru membeli setelah ada pesanan yang masuk agar tak perlu menumpuk stok bahan.

Hangga sendiri sekarang sudah mempunyai 10 karyawan tetap. Mereka mengerjakan tugas di bidang pemasaran, desain, administrasi, dan teknologi informasi (TI). Adapun khusus pembuatan gerobak dan booth waralaba, ia justru masih mempekerjakan pegawai serabutan. “Saya juga menggunakan website sebagai media pemasaran,” kata pemilik situs klikhomes.com ini.

dikutip dari : Majalah Kontan

About Gerobak

Spesialis Booth/Gerobak Usaha/Franchise telp/fax : 021-7889 1390 HP : 021-9264 2232 email : info@klikhomes.com

Tinggalkan komentar